Sabtu, 15 November 2014

OUT BOND

Persiapan merayap
Pembelajaran di dalam kelas menjadi  hal yang membosankan dan kadang kala peserta didik menjadi stressing. Outbond menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kepenatan peserta didik dalam mendalami materi pelajaran di kelas.  Outbond juga menjadi pelajaran non akademik untuk melatih ketangkasan dan leadership, selain itu juga dapat meregangkan otot-otot yang kaku. Kegiatan tersebut untuk memberi angin segar supaya peserta didik dapat bernafas dari mata pelajaran yang menjadi makanan sehari-hari. Seiring dengan berbagai  manfaat,  outbond juga menjadi kegiatan non akademik yang lebih mendekatkat peserta didik dengan alam. Peserta didik dikenalkan dengan lingkungan disekitar yang harus mereka jaga, pelihara, dan melestarikan warisan nenek moyang yang dulu mengambil haknya kembali dari tangan Belanda.

Merayap di saluran irigasi
Dengan kegiatan tersebut peserta didik akan dilatih menjadi pribadi yang disiplin serta mematuhi aturan. Pentinya menanamkan sikap disiplin tidak harus diceramahi pada  waktu upacara bendera atau  dikelas  saja, namun dengan kegiatan-kegiatan kepramukaan dan kemiliteran ternyata lebih efektif untuk membuat peserta didik lebih disiplin.

Mendaki bukit
Kegiatan yang ekstrim tidak menjadi masalah karena justru akan menjadi hal yang menantang dan menyenangkan. Terkadang kita takut dengan bahaya yang datang  pada diri kita, sehingga kita menjadi  gelisah dengan hal  tersebut. Sebuah tantangan adalah secuil progres kehidupan yang harus kita hadapi demi untuk mendapatkan pengetahuan hidup yang akan sangat bermanfaat dalam kehidupan. Ketika kita sering mangalami banyak masalah semakin luas pengetahuan kita yang akan kita dapat dari kehidupan ini. Dari pelajaran itu kita dapat kita ambil manfaatnya bahwa kita tidak seharusnya takut dengan masalah,  menambah rasa percaya diri yang lebih, menjadi pribadi yang bertanggung jawab, jiwa kepemimpinan kita akan tumbuh secara alamiah, dan masih banyak lagi. Ok, so tak perlu kwatir dengan banyaknya masalah yang kita hadapi, karena kita hidup di dunia untuk menghadapi masalah, bukan lari dari masalah.

Game kebersamaan
Sebuah kebersamaan akan menjadi kenangan abadi dan rasa senang itu akan terus tumbuh dan menjadi cerita yang indah di  masa mendatang. Kita tahu bahwa suatu saat akan berpisah dengan orang-orang yang kita sayangi, namun hal itu  akan menjadi hal yang  membuat kita lebih mengerti akan arti kebersamaan.  Perbedaan dalam kebersamaan akan menjadi hal baik dalam menjalin hubungan.  Kita adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, manusia yang saling membutuhkan. Seperti halnya para pejuang kita pada masa lampau dengan semangat kebersamaan untuk  mengusir penjajah untuk menjadi negara yang merdeka.

salam semangat MA Ma'arif Kaliangkrik
taufiqsuper

0 komentar:

Posting Komentar